MITOS & FAKTA HIV/AIDS

21.28 Posted In , Edit This 0 Comments »

Hi guys…!! Udah pada tau dunk kalo tanggal 1 Desember kemaren itu diperingati sebagai hari apa?? Yupz, tiap tanggal 1 Desember itu selalu diperingati sebagai hari HIV/AIDS sedunia. Pastinya rekan2 semuanya udah pada kenal dengan salahsatu penyakit yang sampai sekarang belum ketemu obatnya itu. Wah..wah,, parah juga yah!! So, banyak orang yang afraid banget bila kudu kontak langsung dengan penderita. Ga jarang, orang dengan HIV/AIDS atau lebih dikenal dengan ODA ini dikucilkan dari pergaulan masyarakat. Kasihan banget ya, padahal mereka sama2 punya hak untuk bergaul dengan masyarakat. Itu karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penyakit mematikan ini. Mereka masih terkurung mitos2 yang ga jelas akarnya. So, apa aja seh mitos2 seputar HIV/AIDS yang selama ini ‘hidup’ di masyarakat. Cekidot…!!

MITOS : HIV bisa menular karena sentuhan biasa dengan orang yang sudah terinfeksi. Misalnya berjabat tangan, berpelukan, pakai toilet, minum dari gelas yang sama dengan ODA, atau terkena bersin atau batuk dari someone who infected by HIV/AIDS.
FAKTA : HIV tidak ditularkan oleh kontak sehari-hari dalam kegiatan social, di sekolah, ataupun di tempat kerja. Kita ga bakalan terinfeksi lantaran berjabat tangan, berpelukan, pakai toilet, minum dari gelas yang sama, ataupun terkena bersin atau batuk dari seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS.

MITOS : Gigitan nyamuk bisa nularin HIV.
FAKTA : HIV tidak menyebar melalui gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Bahkan bila virus masuk ke dalam tubuh nyamuk atau serangga yang menggigit atau menghisap darah, virus tersebut tidak dapat memproduksi dirinya dalam tubuh nyamuk atau serangga. Karena serangga tidak dapat terinfeksi HIV, so, they can’t infect to human body. Serangga ga bisa nularin ke tubuh manusia yang digigitnya.

MITOS : HIV hanya menjangkiti kaum homoseksual dan pengguna narkoba
FAKTA : Tidak. Setiap orang yang melakukan hubungan seks yang tidak terlindungi (safe sex), berbagi penggunaan alat suntikan, dan diberi tranfusi darah yang tercemar dapat terinfeksi HIV. Bayi juga dapat terinfeksi HIV dari ibunya selama masa kehamilan, selama proses persalinan, atau pasca kelahiran melalui pemberian ASI.

MITOS : AIDS adalah kutukan Tuhan terhadap perilaku manusia yang menyimpang.
FAKTA : Secara medis, AIDS bukanlah kutukan Tuhan terhadap perilaku manusia yang meyimpang. AIDS adalah masalah kesehatan manusia. Akan sangat baik bila setiap manusia dapat menjaga perilakunya sesuai dengan norma agama.

Maybe, itu sebagian mitos2 yang tumbuh subur di masyarakat. Sebenernya masih banyak, karena mitos2 tsb masih dan terus berkembang. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk segera ngasih pemahaman kepada masyarakat dan tentunya peran kita juga buat ngedukung program2 pemerintah. Support juga para penderita HIV/AIDS. Di akhir hidupnya mereka ga boleh putus asa, masih banyak hal positif yang harus dikerjain. Terakhir, keep ourselves!! No free sex, no drugs, let’s make world wonderful…!!

0 komentar: